KOMITMEN UNTUK NETRAL PADA PEMILU 2024, KANIM JAKUT LAKUKAN AUDIENSI KE BAWASLU DAN KPU PROVINSI DKI JAKARTA

Jakarta, Jajaran Kanim Jakut lakukan Audiensi ke Bawaslu dan KPU (19/01). Kunjungan tersebut bermaksud untuk menegaskan komitmen yang digagas oleh Kementerian Hukum dan HAM khususnya di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara untuk netral pada Pemilu 2024. Pada kunjungannya ke Bawaslu jajaran Kanim Jakarta Utara disambut dengan hangat oleh salah satu anggota dari Bawaslu periode 2023-2028 yaitu Bapak Quin Pegagan beserta jajaran.
Disampaikannya bahwa pada pelaksanaan pemilu 2024 “Imigrasi juga ikut andil dalam menjaga kestabilan, dikarenakan adanya WNI yang berada di Luar Negeri yang memiliki hak untuk memilih”. “Sejauh ini jajaran ASN Kementerian Hukum dan HAM sudah menerapkan netralitasnya dengan sangat baik dan bijak dalam bersikap menghadapi Pemilu 2024”. Hingga saat ini pun tidak ada hal – hal yang merusak citra netralitas ASN dari Kemenkumham khususnya Kanim Jakarta Utara. Bawaslu mengharapkan kepada para ASN untuk tidak terhasut akan adanya berita yang berpotensi hoax yang tersebar dimedia manapun. Bawaslu juga sangat mengapresiasi atas kehadiran dari Kanim Jakarta Utara perihal membahas netralitas ASN.
Jajaran mendapatkan beberapa arahan tentang hal yang dapat dilakukan dan tidak dapat dilakukan sebagai seorang ASN dalam menjaga netralitasnya pada Pemilu 2024. Melalui Audiensi tersebut disampaikan oleh para Ketua Divisi pada KPU “netralitas ASN pada dasarnya memang sudah diatur dalam SKB Tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai ASN dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan”. Jadi memang sudah terdapat aturan yang dapat menjadi pedoman berdasarkan ketentuan yang berlaku. KPU Provinsi DKI Jakarta sangat antusias terhadap kedatangan Jajaran Kanim Jakarta Utara yang dapat meningkatkan sinergitas antara Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara dan KPU Provinsi DKI Jakarta. KPU berharap sinergitas tersebut terus berjalan untuk saling bertukar informasi terkait dengan isu – isu yang sedang terjadi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *