Penyebaran Informasi Keimigrasian melalui Peningkatan Teknis Videografis

Acara dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Wahyu Eka Putra. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “memang sangat diperlukan pelatihan penggunaan media sosial sehingga media sosial yang digunakan dapat dikelola dengan optimal”. Dikarenakan media sosial merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Beliau berhaharap kegiatan ini dapat bermanfaat kepada semua peserta. Pada kegiatan tersebut Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten dan para Kepala UPT Imigrasi DKI Jakarta dan Tangerang turut hadir dalam pembukaan acara tersebut.
Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber – narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. Narasumber yang dihadirkan dari berbagai instansi diantaranya yaitu dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Infromatika, PT. KAI, dan Direktorat Jenderal Imigrasi. Narasumber membawakan materi – materi yang menarik dan bermanfaat yang berkaitan dengan penyebaran informasi. Bertho, Humas dari Kementerian ESDM membawakan materi perihal pembuatan konten yang kreatif melalui media sosial pemerintah. Bertho mengungkapkan bahwa pada penyebaran informasi melalui media sosial pemerintah perlu menghadirkan ide ide kreatif yang dimodifikasi dengan konten – konten kekinian sehingga informasi yang disampaikan menarik dan tersampaikan dengan baik.
Lain hal dengan M.Taufiq Hidayat dari Kemenkominfo menyampaikan bagaimana teknik pengambilan video dan gambar yang menarik sehingga fokus hasil tepat dan sesuai dengan isi informasi. Sedangkan Indra Asmara dari PT.KAI memberikan tips -tips bagaimana menghandle komplain – komplain yang masuk serta Solusi yang dapat diberikan kepada masyarakat. Untuk narasumber yang terakhir berasal dari Direktorat Jenderal Imigrasi, Putu Maha Permana Dimana materinya memuat pengelolaan media sosial Direktorat Jenderal Imigrasi. Dijelaskan pada materinya bahwa banyak hal – hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola media sosial, agar media sosial tersebut dapat digunakan secara efektif dari muatan informasi yang diberikan dan konten maupun design yang diberikan kepada Masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 Hari Selasa – Rabu, 21 Mei – 22 Mei 2024.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *