Monev Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta ke Imigrasi Jakarta Utara terkait Pelaksanaan Permenkumham Nomor 13 Tahun 2023

Jakarta – Dalam rangka pembinaan, pengendalian, dan pengawasan teknis pelaksanaan Permenkumham Nomor 13 Tahun 2023 terkait cara permohonan SKIM bagi anak dalam pasal 3A ayat (1) PP Nomor 21 Tahun 2022 tentang perubahan atas PP Nomor 2 Tahun 2007 tentang tata cara memperoleh, kehilangan, pembatalan, dan memperoleh kembali kewarganegaraan Indonesia, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta telah melaksanakan monitoring dan Evaluasi di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara pada tanggal 29 April 2024.

Perwakilan dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang dihadiri dihadiri oleh Pejabat Struktural dan pegawai disambut langsung oleh Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Gde Oky Rizky Aryadhika dan Pejabat Struktural lainnya. Dalam monev tersebut dibahas mengenai Pelayanan sesuai dengan pelaksanaan Permenkumham Nomor 13 Tahun 2023. Perlu diketahui bahwa Kantor Imigrasi Jakarta sendiri telah melakukan sosialisasi terkait informasi pelayanan bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda atau anak yang tertera dalam pasal 3A Ayat (1) PP Nomor 21 Tahun 2022 tahun 2022 melalui sosial media yang dimiliki, seperti instagram, X, facebook, maupun website mengingat tenggat waktu pendaftaran hanya sampai dengan 31 Mei 2024.

Monev ini bertujuan untuk mengetahui apakah sudah dilaksanakan penerapan Peraturan Menteri tersebut dan apakah terdapat kendala atau permasalahan terkait pelayanan bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara. Selain itu, Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta juga berharap dapat dilakukan pelaporan secara berkala terkait pelayanan dan kendala yang ada di Imigrasi Jakarta Utara terkait pelayanan yang dimaksud.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *