Sesi Kedua Monev Netralitas ASN, Kabubbag Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Berikan Paparan.

Jakarta – Bertempat di Aula lantai 3 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, kembali dilaksanakan monitoring dan evaluasi netralitas ASN oleh Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta pada Kamis (25/01). Pada kesempatan sesi kedua ini, hadir Kepala Subbagian Tata Usaha, Septi Damayanti beserta Pejabat Struktural, ASN dan PPNPN mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Kepala Subbagian Program dan Pelaporan, Januar Kurniawan Prakosa.

“Netralitas ASN sangat digalakkan oleh Kemenkumham DKI Jakarta menyambut pemilu yang akan datang, hal ini sebagai tindak lanjut dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR, dimana netralitas ASN menjadi sensitif saat ini, salah satunya dikarenakan kemenkumham memiliki lapas atau rutan yang didalamnya ada warga binaan, oleh karena itu tidak dibenarkan bagi siapapun untuk mempengaruhi pilihan dari warga binaan pemasyarakatan ataupun sebaliknya. Karena jumlah warga binaan rutan dan lapas sendiri jumlahnya banyak.” Terang Januar.

Selain itu Januar juga menyoroti penggunaan media sosial dimana posting foto atau komentar saja bisa disalahartikan sebagai dukungan politik. “Sebagai ASN hak pilih kita tidak dicabut, namun kita wajib menunjukkan sikap netral sesuai dengan undang-undang ASN. Bahkan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI mengharuskan kita menggunakan hak pilih kita pada pemilu nanti.” Tutur Januar. Pada kesempatan ini Septi Damayanti menyampaikan kepada seluruh ASN dan PPNPN agar selalu menjaga netralitas, mengingat pimpinan sudah memberikan arahan yang jelas. “Monitoring dan Evaluasi ini akan dilaksanakan kembali hingga menjelang pemilu 14 Februari nanti, total akan ada 3 kali monev dari Kanwil, diharapkan seluruh ASN dan PPNPN hadir mengikuti kegiatan.” Tutup Septi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *