Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Pembina Upacara Sampaikan Amanat Presiden Republik Indonesia.

Jakarta – Bertempat di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, ASN dan PPNPN melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 pada Selasa (19/12). Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Septi Damayanti yang juga selaku Plh. Kepala Kantor dengan Perwira Upacara Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Bong Bong Prakoso Napitupulu.

Melalui amanat upacara, Septi menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada peringatan Hari Bela Negara tahun 2023 ini. “Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan”. “Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan Negara” Ucap Septi menyampaikan amanat Presiden.

Pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 ini juga dibacakan Ikrar Bela Negara oleh petugas upacara yang berbunyi :

Kami Warga Negara Indonesia, Menyadari Sepenuhnya Bahwa, Dalam Rangka  Menjaga Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Dan Keselamatan Bangsa Demi Kelangsungan Hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia, Berjanji Untuk Selalu Bersikap Dan Berperilaku:

1. Mencintai Tanah Air

2. Memiliki Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara

3. Setia Pada Pancasila Sebagai Ideologi Negara

4. Rela Berkorban Bagi Bangsa Dan Negara

5. Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara

Melansir dari Lemhanas Republik Indonesia, Hari Bela Negara yang ditetapkan pada 19 Desember karena terjadi sebuah peristiwa sejarah yang besar yaitu pembentukan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *