TINGKATKAN KEMAMPUAN JAJARAN DALAM BERIKAN PELAYANAN, KANTOR IMIGRASI JAKARTA UTARA GELAR SOSIALISASI

Jakarta – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara gelar sosialisasi bertajuk “Sosialisasi Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keimigrasian Pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara” pada 10-12 November 2023 bertempat di Mercure Convention Center Ancol. Kegiatan yang dihadiri seluruh ASN dan PPNPN Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara ini turut mengundang Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jurnalis, serta penerima layanan keimigrasian diantaranya Perusahaan dan Masyarakat sekitar. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Sandi Andaryadi mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta yang berhalangan hadir juga turut menghadirkan narasumber mumpuni sesuai tema sosialisasi yaitu Assistant Manager Operational Bank Rakyat Indonesia, Elsi Masal dan Copywriter Angel Roberty. Dalam laporannya sebagai penanggung jawab kegiatan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Qriz Pratama menyampaikan sosialisasi ini selain untuk memenuhi target kinerja Kantor Imigrasi juga untuk meningkatkan kemampuan pegawai dalam berkomunikasi khususnya dalam memberikan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat. “Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang untuk meningkatkan kapabilitas kita sebagai pemberi layanan kepada masyarakat.” Ucap Qriz.

Pada sesi pertama sosialisasi, materi disampaikan adalah “Service Excellence” oleh Assistant Manager Operational Bank Rakyat Indonesia, Elsi Masal. “Dalam memberikan layanan, komunikasi adalah kunci kita untuk dapat mengambil hati customer. Selalu gunakan semboyan 3S, Senyum Salam dan Sapa dalam memberikan layanan”. Selanjutnya sesi kedua sosialisasi dibawakan oleh Copywriter sekaligus Co-founder & Creative Business Director AdsON asia, Angel Roberty.

Materi kedua yang dibawakan bertajuk “Brand Personality & Tone Of Voice Dalam Strategi Komunikasi.” Dalam materinya Angel Roberty menyampaikan apresiasi atas pelayanan Kantor Imigrasi Jakarta Utara, karena narasumber adalah salah satu pemohon paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Utara dan merasakan pelayanan yang sangat baik dari Kantor Imigrasi. “Kantor Imigrasi kita anggap adalah sebuah brand, dalam membangun sebuah brand diperlukan teknik ‘pemasaran’ yang tepat agar citra brand yang positif dapat melekat di masyarakat”. “Diperlukan Strategi Komunikasi yang tepat agar dapat mencapai tujuan yaitu Menciptakan Persepsi, Memperkuat Identitas, dan Membangun Loyalitas dari pengguna.” Jelas Angel.

Antusiasme peserta terbilang tinggi dengan banyaknya pertanyaan dari peserta yang diajukan kepada narasumber selama 3 sesi berlangsungnya sosialisasi kali ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *