Dukung Peningkatan Investasi Asing berikut Pengawasannya, Kantor Imigrasi Jakarta Utara Gelar Rapat TIMPORA

Selasa, 12 September 2023, bertempat di éL Royal Hotel Kelapa Gading, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara menyelenggarakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang dimulai pukul 08:30 WIB. Rapat TIMPORA yang bertajuk “Penguatan Tugas dan Fungsi TIMPORA dalam Mendukung Masuknya Investasi Asing di Indonesia Berikut Pengawasannya” ini bertujuan agar tercipta hubungan dan koordinasi yang harmonis antar instansi, tukar menukar informasi, dan penegakan hukum dalam rangka mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan orang asing serta upaya penanganannya.

Rapat ini turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta beserta jajarannya, perwakilan Kantor Imigrasi se-DKI Jakarta, Pemerintah Kota Administratif Jakarta Utara yang dihadiri Asisten Pemerintahan Jakarta Utara, Kepala Staf Distrik Militer, Polres Metro Jakarta Utara, Kejaksaan Negeri, Lantamal Jakarta Utara, serta tamu undangan yang terdiri dari instansi terkait di wilayah kerja Kota Administratif Jakarta Utara.

Rapat dimulai dengan laporan dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Qriz Pratama, selaku Ketua Panitia Rapat TIMPORA. “Kegiatan ini bertujuan untuk bertukar informasi intelijen guna deteksi dini dan cegah dini terjadinya pelanggaran oleh warga negara asing serta untuk mencapai target kinerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara dalam pengawasan warga negara asing di Kota Administratif Jakarta Utara,” ujar Qriz dalam laporannya.

Selanjutnya, Iyan Sopian Hadi, selaku Asisten Pemerintahan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara turut menyampaikan sambutannya pada rapat ini. Iyan menyampaikan apresiasi tinggi kepada Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara atas kerja sama yang baik antara kantor imigrasi dengan pemerintah kota khususnya dalam memberikan pelayanan keimigrasian yang baik bagi masyarakat Jakarta Utara serta dalam pengawasan orang asing. “Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara berharap ada hasil yang dibawa dari kegiatan ini. Kepada Kepala Kantor Imigrasi agar tetap berkoordinasi dengan pemerintah kota serta Lurah dan Camat agar mengirimkan laporan bulanan pengawasan orang asing di Jakarta Utara,” pesan Iyan Sopian Hadi.

Pemerintah kota hingga tingkat kecamatan dan kelurahan diharapkan untuk tetap aktif dan bersinergi dengan kantor imigrasi terkait pengawasan orang asing agar tidak terjadi pelanggaran keimigrasian. “Kami berharap kegiatan ini dapat terus memberikan manfaat bagi kita dalam pengawasan orang asing di wilayah Kota Jakarta Utara.”

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibnu Chuldun, selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang turut hadir secara langsung dalam Rapat TIMPORA ini. “Sesuai dengan arahan Presiden RI agar imigrasi terus meningkatkan peran dan fungsinya sebagai fasilitator pembangunan ekonomi Indonesia, oleh karena itu berbagai kemudahan perizinan perlu dilaksanakan, salah satunya program Golden Visa dari Direktorat Jenderal Imigrasi kemudian juga kemudahan dalam pembuatan paspor. Namun disisi lain kemudahan tersebut harus dibarengi dengan peningkatan dan penguatan dalam pengawasannya agar kemudahan yang diberikan sejalan dengan pengawasan yang dilaksanakan,” tutur Ibnu.

Dalam sambutannya, Ibnu mengapresiasi kerja sama antar instansi di Jakarta Utara, dibuktikan dengan pelaksanaan Rapat TIMPORA ini yang dihadiri berbagai instansi terkait bahkan hingga ke tingkat kelurahan dan kecamatan. Ibnu Chuldun juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan instansi di Jakarta Utara sebagai penyangga dalam mendukung terlaksananya KTT ASEAN. “KTT ASEAN berjalan dengan baik dan lancar serta tidak ada satupun pelanggaran keimigrasian yang muncul, khususnya di Jakarta Utara,” tutur Ibnu Chuldun. Selepas memberikan sambutan, kegiatan Rapat TIMPORA resmi dibuka oleh Ibnu Chuldun.

Narasumber pada rapat ini yaitu Ariawan Chahyo Putro selaku Penata Kelola Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM dan Hamdan Muhammad Al-Amin selaku Kepala Sub Bidang Intelijen Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta. Bertindak sebagai moderator yaitu Kepala Sub Seksi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Rudianto Girsang.

Dalam paparannya Ariawan menjelaskan tentang Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang mengamanatkan untuk pengawasan yang terintegrasi dan terkoordinasi antara instansi pemerintah kota, daerah, maupun pemerintah pusat untuk pelaku usaha. “Dalam pengawasan ini yang ingin kita capai adalah profiling dari pelaku usaha dan kegiatan yang dilakukannya, apakah kegiatan usaha tersebut sesuai dengan yang ada di lapangan atau tidak,” ucap Ariawan.

Kemudian narasumber kedua, Hamdan Muhammad Al-Amin, juga menyampaikan bahwa imigrasi mendukung penuh untuk peningkatan investasi diantaranya dengan program Golden Visa yang diterbitkan khusus bagi investor asing dengan beberapa fitur yang memudahkan bagi pemegang visa tersebut, serta masa tinggal yang lebih lama dibandingkan visa untuk bekerja biasa. “Pelintas asing yang masuk ke Indonesia harus yang dapat memberikan manfaat bagi Indonesia khususnya dalam meningkatkan perekonomian, hal ini sesuai dengan fungsi imigrasi sebagai fasilitator pembangunan,” tutur Hamdan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *