2 WN asal Tiongkok dan Nigeria telah dilakukan Deportasi dan Penangkalan

Jakarta – 2 (dua) Warga Negara asal Tingkok dan Nigeria telah dilakukan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) berupa deportasi dan penangkalan pada Kamis, 15 Juni 2023 oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara. Pendeportasian dilakukan melalui Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.

WNA asal Nigeria diamankan pada saat kegiatan Operasi Gabungan TIMPORA Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara di Apartemen Mediterania Marina Ancol pada tanggal 24 Mei 2023. Dia diamankan karena telah melanggar Undang-undang Keimigrasian, yaitu tinggal di Indonesia melebihi batas waktu izin tinggal yang dimilikinya. Sedangkan WNA asal Tiongkok datang ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara (12/06/2023) untuk melaporkan terkait izin tinggalnya yang telah habis masa berlaku sejak 07 Juni 2021.

Terhadap kedua orang asing tersebut dikenakan TAK berupa deportasi dan penangkalan karena telah melanggar Pasal 78 ayat 3 Undang-undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Mereka telah tinggal di Indonesia melebihi batas waktu yang dimilikinya atau overstay.

Didampingi petugas, WN Nigeria dideportasi pada pukul 20.35 WIB menggunakan Ethiopian Airlines dengan tujuan akhir Lagos. Sedangkan WN Tiongkok berangkat pada pukul 23.30 WIB menggunakan China Eastern dengan tujuan akhir Guangzhou.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *