Jalan-jalan 10 Tahun? Emang Bisa?

Halo Sobat Mido!

Kalian sudah pada tahu belum kalau masa berlaku paspor sekarang maksimal 10 tahun ?Yuk, simak ketentuannya di bawah ini!

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) No. 18 tahun 2022, Paspor RI dengan masa berlaku maksimal 10 tahun mulai diimplementasikan pada tanggal 12 Oktober 2022. Untuk biayanya masih sama ya sobat Mido. Rp 350.000 untuk paspor non elektronik dan Rp 650.000 untuk paspor elektronik. Apabila kalian menginginkan layanan percepatan juga bisa kok. Dengan menambahkan biaya Rp 1.000.000, kalian bisa mendapatkan paspor di hari yang sama.

Dijelaskan juga di Permenkumham No. 18 tahun 2022 Pasal 2A ayat (2) bahwa paspor biasa (elektronik dan nonelektronik) dengan masa berlaku maksimal 10 tahun hanya diberikan kepada Warga Negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Selain kategori tersebut, paspor diberikan untuk jangka waktu maksimal 5 tahun.

Diharapkan dengan adanya kebijakan ini dapat memudahkan sobat Mido dalam hal pembuatan Paspor RI. Jadi apa sobat Mido masih kebingungan dengan informasi masa berlaku paspor ? Jangan ragu untuk komen atau ketuk DM kita ya jika ada pertanyaan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *