7 Orang Asing Pelanggar Aturan Keimigrasian Diamankan

Selasa, 21 Maret 2023
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara telah mengamankan 7 (tujuh) warga negara asing (WNA). Semua info diungkap melalui Press Conference yang telah dilaksanakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara pada Selasa, 21 Maret 2023. Hadir di meja Press Conference adalah Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Pamuji Raharja. “Imigrasi Jakarta Utara telah mengamankan 7 WNA yang terdiri dari enam warga negara Nigeria dan satu warga negara Guinea-Bissau” ungkap Pamuji saat press Conference.

Pamuji juga menegaskan bahwa pengawasan di wilayah Jakarta Utara perlu ditingkatkan agar Orang Asing tidak menimbulkan persoalan bagi keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya di Jakarta Utara. Kepala Kantor Imigrasi Kelas i TPI Jakarta Utara, Qriz Pratama mengungkapkan bahwa orang asing yang ditangkap tidak melakukan penggantian paspor selama bertahun-tahun.

“Orang asing inisial EC masa berlaku paspornya sudah habis sekitar 5 tahun, WU 2 tahun, PC kurang lebih 3 tahun, dan UE sekitar 2 tahun,” ujar Qriz. Selain itu orang asing lainnya juga melakukan pelanggaran seperti overstay selama lebih dari 60 (enam puluh) hari dan menyalahgunakan izin tinggalnya.

“Mereka mengelabuhi petugas dengan cara berpindah-pindah apartemen. Jadi mereka tinggal di apartemen paling lama 3 bulan. Dalam jangka waktu tersebut biasanya akan mencari tempat lain untuk menghindari petugas imigrasi,” ucap Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Bong Bong Prakoso Napitupulu.

Terhadap ketujuh orang asing yang melanggar akan dilakukan Tindakan Administratif Keimigrasian berupa pendetensian di ruang detensi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara. Adapun tindak lanjut bagi saudara NPL yang melanggar pasal 78 ayat (3) UU Keimigrasian akan dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan. Selanjutnya untuk warga negara Nigeria akan dilakukan pendalaman lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *