Bersama KemenPAN-RB dan BKN, Tingkatkan Disiplin dan Kode Etik di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara

Selasa, 14 Maret 2023

Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pegawai terhadap disiplin dan kode etik Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, telah dilakasanakan kegiatan Sosialisasi Disiplin dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. Kegiatan ini juga sehubungan dengan dilaksanakannya Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Tahun 2023.

Dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural dan Pegawai, Sosialisasi ini dilaksanakan dengan 2 (dua) narasumber. Narasumber pertama yaitu Analis Kebijakan Pertama dari KemenPAN-RB, Fajrianita Dewi, S.E. dan Narasumber kedua yaitu Auditor Kepegawaian Ahli Pertama dari Reg V BKN Jakarta, Fandi Yanuar Rahman, S.Ant, MM.

Sebagai tuan rumah pada acara kali ini, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Septi Damayanti memberikan sambutannya. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Utara agar seluruh peserta sosialisasi dapat mengambil ilmu dari apa yang telah disampaikan pemateri demi peningkatan kinerja oleh tiap-tiap pegawai.

Materi pertama dibawakan oleh Fajrianita Dewi, Analis Kebijakan Pertama dari KemenPAN-RB. Beliau menyampaikan materi bertemakan Penguatan Budaya Kerja dan Employer Branding Sebagai Bagian dari Strategi Akselerasi Transformasi SDM Aparatur dalam Mendukung Reformasi Birokrasi. “Layanan kedepannya diharapkan sudah dilakukan secara digital,” ungkap Fajrianita Dewi. Beliau juga berharap kedepannya kebiasaan buruk ASN harus dirubah mulai dari sekarang agar tidak menjadi lingkaran setan di lingkungan atau tempat kerja.

Materi kedua disampaikan oleh Fandi Yanuar Rahman, Auditor Kepegawaian Ahli Pertama dari Reg V BKN Jakarta. Dalam materinya, Beliau menyampaikan beberapa hal terkait kewajiban (larangan) dan hukuman disiplin bagi ASN. Seperti yang kita tahu ada 3 (tiga) tingkat hukuman disiplin, yaitu ringan, sedang, dan berat. Hukumannya pun bisa mulai dari teguran hingga pemberhentian dengan tidak hormat. “Penjatuhan hukuman disiplinnya terhitung 15 hari sejak putusan ditetapkan,” ucap Fandi Yanuar Rahman. Dalam penutupan materinya Beliau juga memberi pesan untuk selalu menjaga kode etik pegawai dimanapun dan kapanpun ditengah maraknya kritik masyarakat. “Lebih baik ditegur oleh atasan daripada ditegur oleh semesta,” pesan Fandi Yanuar Rahman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *