Tingkatkan Kerja Sama Antar Instansi, Rapat Implementasi Integrasi Layanan Kependudukan dan Layanan Keimigrasian di Wilayah DKI Jakarta

Menindaklanjuti aplikasi Integrasi Layanan Kependudukan dan Layanan Keimigrasian (INDUKSI) yang telah diimplementasikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Barat, diselenggarakan Rapat Persiapan Implementasi INDUKSI untuk direplikasi di tiap kantor imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Rapat dihadiri oleh Direktur Sistik, Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kepala Divisi Keimigrasian, Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Pemprov DKI Jakarta, serta Kepala Kantor Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Berlokasi di Sofyan Hotel, Cikini, kegiatan dipandu oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Pamuji Raharja, selaku moderator. Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun berharap bahwa INDUKSI dapat diimplementasikan tidak hanya di Kanim Jakbar saja namun untuk lingkup wilayah DKI Jakarta.

Pembahasan dilakukan terkait interoperabilitas antara Imigrasi dengan Dukcapil sehingga terdapat integrasi data KITAS untuk penerbitan SKTT oleh Dukcapil. Kepala Bidang Administrasi Kependudukan, Fenry Sinurat, menyambut adanya integrasi data ini. “Sangat memudahkan proses pelayanan, WNA tidak perlu datang ke Disdukcapil lagi untuk memperoleh SKTT” ucap Fenry.

Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Agato Simamora, turut menyampaikan apresiasi atas inisiasi dari Kanim Jakbar terkait integrasi data tersebut. “INDUKSI merupakan wujud dari satu data Indonesia. Direktorat Jenderal Imigrasi pasti akan mendukung, mohon direplikasi di kantor-kantor imigrasi lainnya” ucap Agato. Beliau juga berharap kepada para Kepala Satuan Kerja bahwa ini adalah program kita bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang kendala serta masukan oleh peserta terkait rencana untuk replikasi di masing-masing kantor imigrasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *