Sosialisasi Tata Kelola Arsip Dinamis Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Tahun Anggaran 2023

Kamis, 2 Maret 2023

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tata Kelola Arsip Dinamis Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Tahun Anggaran 2023. Acara yang dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham pada pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh Kepala Biro Umum dari Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, bersama Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Pemasyarakatan, dan Kepala UPT se-Kantor Wilayah DKI Jakarta.

Acara Sosialisasi Tata Kelola Arsip Dinamis dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang pentingnya pengelolaan arsip. “Tujuan dari acara ini adalah untuk menambah pengetahuan kita mengenai arsip yang merupakan salah satu Target Kinerja kita di tahun 2023,” ucap Ibnu. Beliau juga menyampaikan pesan kepada para arsiparis di setiap UPT agar mengetahui Jadwal Retensi Arsip (JAR). Hal ini bertujuan untuk menghindari penumpukan arsip yang dapat menambah beban kantor.

Kepala Biro Umum, Anak Agung Gde Krisna, juga menyampaikan sambutannya dalam pembukaan acara pagi hari ini. Beliau memberikan alasan mengapa Kepala UPT juga diharuskan datang pada acara sosialisasi tersebut. “Karena semua kebijakan ada di Kepala UPT, jadi Kepala UPT harus mengetahui pentingnya tata kelola arsip,” pesan Anak Agung Gde Krisna. Terkait target Kinerja 2023, Beliau juga menyampaikan pentingnya digitalisasi arsip dalam mendukung target kinerja terebut.

Setelah menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait Tata Naskah Dinas, dan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi e-arsip dan Srikandi oleh Arsiparis Ahli Muda dari Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkumham. Dalam materinya Beliau menyampaikan pentingnya mengamalkan Pemerkumham Nomor 31 Tahun 2020 mengenai Tata Naskah Dinas dalam membuat berbagai macam surat.

Pada kesempatan kali ini pemateri juga menjelaskan penggunaan e-arsip dan Srikandi yang merupakan realisasi dari Target Kinerja di Tahun 2023. Dimana dalam e-arsip akan menampung arsip-arsip yang ada di UPT secara digital dan Srikandi memungkinkan UPT berkirim surat dengan instansi lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *