Rapat Pengembangan Paspor Online, “Aplikasi M-Paspor Semakin Up To Date”

Selasa, 28 Februari 2023
Telah dilaksanakan Rapat Pengembangan Paspor Online yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi pada hari Selasa, 28 Februari 2023. Rapat yang diselenggarakan melalui zoom meeting ini dihadiri oleh Plh. Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, I Gusti Nyoman Rachmat Taufiq HG, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham dan Kepala Divisi Keimigrasian Seluruh Indonesia, serta Kepala Kantor Imigrasi di Seluruh Indonesia, termasuk Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara.

Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI.2-UM.01.01-4.1580 tentang Undangan Rapat Pengembangan Paspor Online, dijelaskan bahwa alasan diadakan rapat tersebut adalah telah selesainya pengembangan aplikasi Paspor Online (M-Paspor) yang merupakan salah satu target kinerja Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian dan Divisi Keimigrasian. Hal tersebutlah yang mendasari diadakannya rapat pada kesempatan kali ini, yaitu untuk menginformasikan pembaharuan sistem yang terdapat pada tata cara pelayanan paspor kepada seluruh Kantor Imigrasi di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini dari Tim Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian (sistik) menyampaikan pengembangan apa saja dalam M-Paspor yang mana merupakan rencana kerja dari Sistik Ditjenim. Ada tiga pengembangan M-Paspor melalui CMS yang dapat diakses Kantor Imigrasi, yaitu dalam hal Kuota, Layanan Percepatan, dan Laporan Kuota dan Laporan Permohonan.

Dalam pengembangan M-Paspor, ada banyak perubahan yang diharapkan dapat memudahkan pemohon paspor. Beberapa perubahan yang paling signifikan yaitu pemohon yang menginginkan layanan percepatan paspor nantinya harus mendaftar melalui M-Paspor. Pendaftarannya sendiri yaitu diharuskan H-1 atau satu hari sebelum waktu kedatangan mereka ke Kantor Imigrasi. Selain itu menu pemilihan Kantor Imigrasi yang semula dipilih diakhir akan dialihkan ke awal sebelum pengisian data untuk memudahkan pemohon memilih Kantor Imigrasi yang mereka inginkan untuk pembuatan paspor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *