Rapat Evaluasi dan Konsolidasi Nasional Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Tahun 2023 Hari Ke-2

Kamis, 19 Januari 2023
Telah dilaksanakan Rapat Evaluasi dan Konsolidasi Nasional Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Tahun 2023 hari ke-2. Hadir pada rapat hari ini adalah Direktur Jenderal Imigrasi, Pejabat Tinggi Pratama, Analis Keimigrasian Utama, Kepala Kantor Wilayah, Kepala Divisi Imigrasi, Kepala Kantor Imigrasi, Kepala Rudenim dari seluruh Indonesia, serta Perwakilan Imigrasi di Luar Negeri. Acara yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Shangri La Jakarta Pusat dimulai pada pukul 08.30 WIB.

Pemateri pertama pada Rapat ini adalah Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Hilmi Adrianto. Dalam materinya Beliau membahas bagaimana peran tokopedia sebagai marketplace yang dapat memfasilitasi pembayaran dari sektor publik, seperti imigrasi. Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) juga memberikan materinya. “Indonesia memerlukan birokrasi yang nyata,” ucap Abdullah Azwar Anas. Beliau juga berpesan agar setiap membuat inovasi, jangan menggunakan aplikasi yang berbeda. Integrasi dalam aplikasi itu kuncinya.

Pemateri ketiga pada siang ini adalah Pakar Manajemen dari McKinsey Consulting, McGregor Faulkner, Alex Walker Turner, dan Peter. Beberapa hal yang mereka bahas yaitu ada beberapa permasalahan yang akan dihadapai sektor publik jika ingin memberikan pelayanan yang maksimal, seperti permintaan pelayanan yang tinggi sehingga tidak sesuai dengan kemampuan, beberapa kemampuan pegawai di era digital yang masih kurang, dan kurangnya kepercayaan publik. Permasalahan tersebut dapat dikurangi dengan menggunakan Customer Experience Management yang mengutamakan pelanggan dalam pelayanan di era digital ini.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan juga menjadi pembicara pada rapat siang ini. Beliau menjelaskan bagaimana kemenkes berkomitmen melakukan transformasi sistem kesehatan Indonesia. Kemenkes juga sudah memiliki satu platform yang sudah terintegrasi dan terstandarisasi yaitu SATUSEHAT.

Group Discussion untuk penyusunan Policy Brief Keimigrasian merupakan kegiatan selanjutnya setelah selesai materi dengan empat narasumber tersebut. Para peserta rapat diharapkan dapat membuat kebijakan keimigrasian yang konkrit bagi imigrasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *