Perayaan Hari HAM Sedunia ke-74, Menteri Hukum dan HAM Tekankan Penegakan HAM Sebagai Amanat Bangsa Indonesia

Senin, 12 Desember 2022
Bertepat pada pukul 14.00 WIB di Jakarta, Kementerian Hukum dan HAM merayakan Peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 Tahun 2022. Acara hari ini dihadiri langsung oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly. Selain itu turut hadir beberapa perwakilan Menteri dari beberapa Kementerian dan para Petinggi Provinsi maupun Daerah dari seluruh Indonesia.

“Kemenkumham terus mendorong pemangku jabatan dan pelaku bisnis di Indonesia untuk selalu melaksanakan prinsip-prinsip HAM melalui sektor hukum dan ekonomi,” ucap Yasonna dalam pidato pembukanya. Beliau juga menuturkan bahwa penegakan HAM harus ditingkatkan sebagai amanah Bangsa Indonesia dan sebagai dasar pengamalan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, dilaporkan bahwa Indonesia mendapatkan apresiasi dalam sidang Universal Periodic Review di Jenewa dalam hal komitmen Indonesia untuk melaksanakan aksi sosial penegakan HAM.

Ma’ruf Amin yang turut hadir pada acara siang hari ini menyampaikan bahwa Pemerintah selalu mendorong agar aspek ekonomi, sosial, dan hukum di Indonesia bisa segera pulih. Untuk mencapai keadaan tersebut, Indonesia harus terus berjuang untuk menjadi bangsa yang kuat dan lingkungan bisa segera kondusif.

Sebelum acara pada siang hari ini ditutup, dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada beberapa Kementerian, Instansi, dan Petinggi Provinsi maupun Daerah seperti Penghargaan kepada Instansi yang Responsif kepada Pengaduaan HAM, Pelayanan Publik Berbasis HAM terbaik, Pembinaan Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM, Unit Pratama yang Berkontribusi dalam HAM di Kemenkumham, dan Kabupaten/Kota yang berkontribusi dalam HAM.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *