Pelatihan Kehumasan dan Teknologi Informasi “Impactful Vol. 2: Evaluating Communication Campaign”

Perwakilan pengelola kehumasan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara menghadiri pelatihan kehumasan dan teknologi informasi “Impactful Vol. 2: Evaluating Communication Campaign” yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta pada tanggal 25-26 November 2022.

Diawali dengan laporan kegiatan oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Habiburrahman. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari Impactful Vol. 1 yang telah diadakan pada bulan Juni 2022 sebagai kesiapan menghadapi dinamika publik dan perkembangan teknologi informasi dewasa ini.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Pamuji Raharja. Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa diperlukan monitoring dan evaluasi untuk efektivitas komunikasi keimigrasian sehingga diharapkan kegiatan ini menjadi forum yang produktif untuk meningkatkan kualitas penyebaran informasi keimigrasian dan citra positif organisasi.

Hadir sebagai narasumber pertama, Untung Subroto, M.Psi. (Psikolog) yang memberikan materi Membangun Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Performa dan Reputasi Organisasi. Disampaikan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi reputasi organisasi, cara membentuknya, serta pola komunikasi yang cocok bagi tipe-tipe pegawai.

Materi kedua, Evaluasi Penyebarluasan Informasi Melalui Website dan Media Sosial Pemerintah, dibawakan oleh Ika Karlina Idris (Associate Professor Monash University Indonesia). Beliau menyampaikan bahwa walaupun media sosial merupakan alternatif unggulan pada saat ini, tapi media lainnya juga masih memiliki konsumennya sendiri dengan kelebihan tersendiri pula. Perlunya menyampaikan informasi yang lengkap, berguna, update, dan menarik, namun juga perlu mudah ditemukan dan diakses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *