Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta

Selasa, 30 Agustus 2022
Perwakilan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang bertempat di Royal Kuningan Hotel bersama dengan satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta lainnya.

Kegiatan dimulai dengan laporan dari Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Sorta Delima L. Tobing, selaku Ketua Penyelenggara, sebelum kemudian dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. Beliau menyampaikan bahwa setiap badan publik mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan informasi publik kepada masyarakat.
Dengan adanya peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), diharapkan masyarakat mendapatkan hak mereka atas informasi terkait layanan dengan lebih mudah. Penting bagi organisasi untuk menyediakan informasi yang berkualitas (cepat, tepat, dan utuh). Salah satu tujuan dengan diadakannya kegiatan ini adalah agar satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta memahami payung hukum PPID hingga penyelesaian sengketa informasi.

Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini terdiri dari Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta (Harry Ara Hutabarat), Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI (Sutrisno), Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI (Hantor Situmorang), Ketua Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta (Aang Muhdi Gozali), Analis Hukum Ahli Madya pada Badan Kepegawaian Negara (Poneta Masli), dan Auditor Madya pada Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI (Siti Sofiatun).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *