Rapat Koordinasi Pelaksanaan P2HAM

Kamis, 24 Maret 2022
Sehubungan Permenkumham Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) akan diimplementasikan di seluruh unit kerja Kemenkumham, Direktorat Jenderal HAM dalam hal ini Direktorat Diseminasi dan Penguatan Hak Asasi Manusia melaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan P2HAM. Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta turut mengikuti rapat tersebut bersama dengan satuan kerja Kemenkumham lainnya secara virtual.

Rapat diawali oleh keynote speech dari Staf Ahli Menkumham Bidang Sosial, Min Usihen, yang menyampaikan bahwa implementasi P2HAM ini bertujuan untuk memastikan pelayanan publik yang diberikan sudah menerapkan dan memenuhi kriteria yang ada dalam peraturan baru. Rapat secara resmi dibuka oleh Dirjen HAM, Mualimin Abdi. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa HAM berlaku secara universal dan merupakan kewajiban dari negara khususnya pemerintah untuk memenuhi HAM. Secara konstitusi yang diberikan amanat untuk penegakan HAM adalah Kementerian Hukum dan HAM namun diharapkan implementasi P2HAM ini dapat dijadikan sebagai contoh bagi instansi lainnya.

Analis Kebijakan Muda Kementerian PANRB, Martina Natatinova Simanjuntak, menyampaikan materi mengenai Kebijakan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan. Beliau menyampaikan mengenai dasar hukum layanan kelompok rentan, kondisi dan hak penyandang disabilitas, serta komitmen untuk pemenuhan hak bagi kelompok rentan. Dilanjutkan dengan penyampaian Petunjuk Pelaksanaan P2HAM oleh Direktorat Jenderal HAM.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *