Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ikuti Sosialisasi Aplikasi SIMWas dan SIPIDU

Rabu, 22 Desember 2021
Operator SIPIDU Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta mengikuti kegiatan Sosialisasi Aplikasi SIMWas dan SIPIDU. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang aula lantai 4 Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dengan dihadiri operator SIPIDU seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Sambutan pembuka dilakukan oleh Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Sardi, dan dilanjutkan penyampaian materi oleh tim dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham.

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengawasan (SIMWas) dan Sistem Informasi Pengaduan Integrasi dan Terpadu (SIPIDU) diresmikan pada tanggal 3 Desember 2021 oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham, Razilu.

SIMWas telah ada dari tahun 2010 sebagai aplikasi lokal milik Inspektorat Jenderal yang berfungsi untuk menampung data pegawai Kemenkumham yang terkena hukuman disiplin. Sejak tahun 2019 kemudian aplikasi tersebut dikembangkan untuk memadukan data temuan internal dari Inspektorat Jenderal dengan data eksternal dari pihak luar seperti BPK, Ombudsman, dan sebagainya, dengan tujuan integrasi data hukuman disiplin.

Pengaduan merupakan cara masyarakat untuk turut serta mengawasi jalannya kinerja ASN, khususnya di lingkungan Kemenkumham. SIPIDU merupakan aplikasi yang berfungsi mengintegrasikan data pengaduan dari pihak eksternal sehingga lebih mudah untuk melakukan pemantauan dan manajemen. SIPIDU menggabungkan 3 aplikasi yaitu Whistle Blowing System (WBS), Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), serta SMS-Gateway untuk pengelolaan yang terpadu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *