Kantor Imigrasi Jakarta Utara Mengikuti Pembinaan Jasmani Pegawai Kemenkumham (19/11/2021)

Jumat, 19 November 2021, pada pukul 08.00, pejabat struktural, pegawai, dan PPNPN Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara mengikuti kegiatan Pembinaan Jasmani Pegawai Kemenkumham “Kumham Sehat, Kumham Peduli” dari Ruang Aula Lantai 3 secara virtual melalui aplikasi Zoom. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham, Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto.

Senam osteoporosis disiarkan dari lapangan Kementerian Hukum dan HAM RI di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan, dipandu oleh Yenny Marian dan Nurani Wijaya sebagai instruktur/pelatih.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyuluhan Kesehatan dengan tema “Kenali Osteoporosis dan Osteoarthritis”. Kepala Balitbangham, ibu Sri Puguh Budi Utami, sebagai pengantar mengingatkan pentingnya kegiatan olahraga bagi ASN khususnya pada Kementerian Hukum dan HAM khususnya pada kesehatan tulang dan sendi untuk menuju Indonesia sehat. Bertindak sebagai moderator yang memandu acara penyuluhan kesehatan adalah dr. Doris Simorangkir (Nakes Balitbang Hukum dan HAM). Dalam penyuluhan ini dr. Adib Khumaidi, Sp.OT (Wakil Ketua Umum PB. IDI, Sekretariat PP PABOI) dan dr. Ade Tobing, Sp.KO (PB PEROSI – PERWATUSI), sebagai narasumber menjelaskan bahwa berdasarkan penelitian 1 dari 3 orang wanita menderita osteoporosis, sedangkan untuk laki-laki perbandingannya 1 banding 4.

Menggerakkan badan secara keseluruhan dan rajin berjemur adalah alternatif yang dapat dilakukan untuk menyehatkan tulang. Maraknya penggunaan gadget mendorong kebutuhan untuk bergerak semakin mendesak baik untuk anak-anak, dewasa, dan usia lanjut. Perlu ada kepedulian terhadap osteoporosis karena pencegahan berupa deteksi dan terapi sejak dini dapat dilakukan untuk mencegah tingkat keparahan. Mempertahankan gaya hidup sehat aktif dan pola makan seimbang adalah langkah terbaik untuk mencegah Osteoporosis dan Osteoarthritis sebagai upaya mewujudkan masyarakat sehat dan Indonesia sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *