Peringati HDKD Tahun 2021, Kanwil DKI Jakarta Wujudkan Empati Melalui Bakti Sosial “Kumham Peduli Kumham Berbagi”

Peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) pada Tahun 2021 ini disemarakkan dengan beragam kegiatan bermakna besar bagi Insan Pengayoman. Salah satu rangkaian kegiatannya yaitu pelaksanaan bakti sosial yang diselenggarakan serentak oleh Unit Pusat, Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Bertajuk “Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham”, kegiatan bakti sosial ini menjadi wujud kepedulian serta harapan untuk dapat menumbuhkan nilai kepekaan sosial sebagai insan Pengayoman yang bermanfaat bagi masyarakat.

Mengawali kegiatan bakti sosial, pembukaan dihadiri dan dibuka oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej pada Kamis (21/10), yang di-relay secara virtual. Dalam sambutannya, beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi implementasi atas makna dan nilai Karyadhika yang harus melekat pada insan Pengayoman. “Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham” merupakan serangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menyebarkan kebaikan kepada seluruh masyarakat.

Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta pun ikut serta memeriahkan kegiatan bakti sosial. Bertempat di RS Pengayoman Cipinang, Kepala Kantor Wilayah, Ibnu Chuldun, beserta Para Pimpinan Tinggi Pratama turut menyelenggarakan kegiatan donor darah yang diikuti oleh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta. Sebanyak 180 orang pegawai berhasil menunjukkan sumbangsihnya dengan mendonorkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan.

Bersamaan dengan rangkaian pembukaan, Ibnu Chuldun beserta jajaran juga memberikan santunan beasiswa kepada keluarga ASN Kemenkumham yang meninggal akibat Covid-19. Bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia dan Bank Mandiri, kegiatan ini merupakan bentuk empati dari Kemenkumham yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab serta penyambung tali kasih kepada keluarga yang ditinggalkan.

Rangkaian kegiatan selanjutnya, Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta mengadakan bakti sosial guna meringankan beban masyarakat Kabupaten Kepulauan Seribu yang terkena dampak Covid-19, Sabtu (23/10). Sebanyak 400 paket sembako disalurkan dan diterima oleh Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, beserta jajaran. Bertempat di Dermaga 17 Pantai Marina Ancol, kegiatan dihadiri pula oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Perwakilan PT. Bank Rakyat Indonesia, Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) DKI Jakarta, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)
Jakarta Utara dan Tanjung Priok, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, serta Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, kembali memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas bantuan yang diberikan, setelah sebelumnya telah diselenggarakan kegiatan serupa pada Bulan Agustus lalu. Beliau menyebut Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta merupakan pelopor pemberi bantuan kepada masyarakat Kepulauan Seribu dan berharap rencana pengembangan pulau-pulau lainnya dapat terlaksana.

Dukungan yang sama pun disampaikan oleh Ibnu Chuldun dalam sambutannya, “Terima kasih atas koordinasi dan sinergitas yang selalu terjalin. Semoga pendistribusian paket sembako ini dapat berjalan dengan lancar dan tentunya bermanfaat bagi warga Kabupaten Kepulauan Seribu”, tutur Ibnu.

Peringatan HDKD Tahun 2021 yang masih diselimuti suasana pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat Insan Pengayoman untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga kegiatan bakti sosial ini dapat menjadi penggugah kepekaan, kepedulian dan kesadaran, khususnya sebagai ASN di lingkungan Kemenkumham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *