Sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Konsultan Keimigrasian dan Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Penjamin Keimigrasian

Kantor Imigrasi Jakarta Utara mengikuti Sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Konsultan Keimigrasian dan Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Penjamin Keimigrasian. Sosialisasi ini diikuti oleh Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Bapak Sandi Andaryadi, beserta para pejabat struktural di ruang aula lantai 3.

Kegiatan sosialisasi secara virtual ini dibuka oleh Plt. Direktur Jenderal Imigrasi, Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, pada hari Selasa tgl 19 Oktober 2020 di Jakarta. Beliau berharap Permenkumham RI nomor 35 tahun 2021 tentang Konsultan Keimigrasian dan Permenkumham RI nomor 36 tahun 2021 tentang Penjamin Keimigrasian yang di terbitkan bulan September 2021 merupakan bentuk pembagian tanggung jawab hukum antara institusi dan stakeholder.

Ditambahkan oleh Direktur Inteldakim bahwa peraturan ini ditunjang oleh aplikasi yang akan digunakan sebagai sumber profiling dan pengecekan di lapangan. Direktur Pengawasan dan Penindakan, Bapak Pria Wibawa, lanjut menjelaskan bahwa Permenkumham ini menjalankan selective policy bukan hanya untuk orang asing namun juga kepada orang Indonesia selaku penjamin.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi utama mengenai Peraturan Konsultan dan Penjamin serta Aplikasi Kesisteman Konsultan dan Penjamin dan diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya-jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *